Nikmati Resep Olahan Masakan Cita Rasa Pedas, Manggut Lele Tanpa Santan yang Menggugah Selera Anda

 

Foto Ilustrasi Manggut Lele

RafaleaMedia.Com-Bagi para pecinta makanan pedas, tentu saja, pengalaman kuliner mereka akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi hidangan ini.

Dengan memakai bahan dasar ikan jenis lele yang diolah dengan teknik tertentu dan bumbu dapur yang beragam menjadikan cita rasanya sangat nikmat dan pastinya cukup disukai oleh para masyarakat Indonesia.

Manggut lele merupakan salah satu hidangan khas dari daerah istimewa Yogyakarta yang memiliki rasa khusus dan mampu membuat lidah bergoyang serta bikin ketagihan bagi siapa pun yang mencobanya.

Masakan ini cocok di hidangkan oleh keluarga dan sangat populer di berbagai acara, baik formal maupun informal. Selain itu,masakan ini dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping nasi. 

Kombinasi antara cita rasa pedas, gurih, dan aromatik yang khas membuat manggut lele menjadi pilihan tersendiri di tengah banyaknya ragam kuliner Indonesia.

Lantas bagaimana cara membuatnya,dihimpun melalui Channel Youtube Dhasilfa Raditya,Rabu,(26/6). Berikut beberapa resep olahan masakan cita rasa pedas, manggut lele tanpa santan yang menggugah selera anda 

Bahan Utama

500 gr Lele
1 sdt Garam
2 Cabai Merah Besar
2 Cabai Hijau Besar
2 lbr Daun Salamn
3 Ibr Daun Jeruk
1 ruas Lengkuas
1 btg Serai
3 sdm (45ml) Omela
400 ml Air
Bumbu
6 siung Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
4 buah Cabai Merah Keriting
6 buah Cabai Rawit Merah
3 buah Cabai Merah Besar
3 btr Kemiri
1 ruas Jahe
Garam, Lada dan Kaldu secukupnya
Minyak untuk Menumis

Langkah-langkah membuat Mangut Lele

1. Cuci bersih ikan lele yang sesudah disiangi, beri tambahan perasan jeruk nipis, garam, dan kemudian remas-remas hingga meresap. lalu sisihkan.
2. Panaskan minyak secukupnya, goreng lele hingga matang di semua sisi. Angkat dan sisihkan.
3. Larutkan 3 sendok makan Omela dengan 400ml air.
4. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma sedap. Tambahkan irisan cabai merah, cabai hijau, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai.

5. Masukkan larutan Omela dan masak hingga setengah mendidih. Kemudian masukkan lele yang sudah digoreng, bumbui sesuai selera. Masak kembali hingga mendidih dan air mengental serta berminyak.

6. Mangut Lele siap disajikan.

Itulah beberapa resep dan cara untuk membuat olahan masakan Manggut lele tanpa santan yang memiliki kenikmatan tersendiri. tidak hanya mengundang selera dengan cita rasanya yang khas, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang menggugah selera. Kelezatan manggut lele memang sulit untuk ditolak oleh siapapun yang mencicipinya.Selamat menikmati.

Belum ada Komentar untuk "Nikmati Resep Olahan Masakan Cita Rasa Pedas, Manggut Lele Tanpa Santan yang Menggugah Selera Anda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel