Ternyata IQ Kucing Lebih Pintar dari Anjing, Ini 5 Fakta Menarik Lainya!

Ilustrasi kucing

RafaleaMedia.Com-Sejak peradaban zaman dulu, kucing telah menjadi sahabat setia bagi banyak orang karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Meski demikian, sedikit yang menyadari bahwa di balik sifatnya yang manis, kucing sebenarnya memiliki banyak fakta menarik yang jarang diketahui orang.

Berdasarkan informasi dari laman situs WatchMojo  Selasa, (27/8), kita akan membahas lima bukti mengesankan tentang kucing mulai dari kemampuannya dalam beradaptasi hingga perilaku yang dianggap cukup unik. Penasaran apa saja keistimewaan yang melekat pada hewan ini? Berikut beberapa diantaranya:

1. Kucing telah ditemukan sejak peradaban Kuno

Menurut perkiraan National Geographic, kucing peliharaan pertama kali muncul pada zaman Mesir Kuno, di mana mereka dianggap sebagai hewan suci. Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa domestikasi kucing, atau setidaknya kerja sama antara kucing dan manusia, telah terjadi sekitar 5.300 tahun yang lalu di Tiongkok. Para ahli juga berpendapat bahwa kucing rumah tangga pada umumnya berasal dari salah satu dari lima spesies kucing liar Afrika, yang diyakini telah ada sekitar 10.000 tahun yang lalu.

2. Kucing dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit

Jika Anda pernah mengalami cedera fisik atau kesedihan emosional, mungkin telah diketahui bahwa berpelukan dengan kucing dapat membantu mengurangi stres. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini secara klinis pada manusia, dengkuran kucing memiliki frekuensi yang bergetar antara 20-140 Hz, yang mungkin berpotensi dalam penyembuhan tulang yang patah pada frekuensi antara 25-50 Hz. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemilik kucing memiliki risiko 40% lebih rendah untuk mengalami serangan jantung. Rasa cemas juga dilaporkan berkurang setiap kali Anda merawat kucing yang berdengkur. Jadi, memastikan kucing Anda merasa baik juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi Anda dalam jangka waktu yang singkat.

3. Kucing Lebih Pintar dari Anjing

Secara kognitif, kucing memiliki kemiripan yang sangat tinggi dengan manusia. Otak mereka memiliki persentase yang sama dengan otak manusia, yaitu sebesar 90%; mereka juga memiliki kemampuan ingatan jangka panjang yang melebihi kemampuan anjing; namun, mereka rentan terhadap demensia saat usia mereka sudah tua, sekitar setelah mencapai usia 8 tahun. Kucing dewasa memiliki kecerdasan yang cukup untuk hanya mengeong pada manusia.

Mereka dapat belajar dan mengingat banyak hal, seperti lokasi tempat makanan dan minum mereka, serta rutinitas harian mereka. Kucing juga mampu memahami ekspresi wajah manusia dan meresponsnya dengan cara yang sesuai. Dengan kemiripan kognitif yang tinggi dengan manusia, kucing sering disebut sebagai hewan peliharaan yang cerdas dan memahami perasaan manusia. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa kucing juga memiliki batas kemampuan kognitif mereka sendiri, dan sebagai pemilik kucing, penting bagi kita untuk selalu memahami dan menghormati kebutuhan serta batas kemampuan mereka.

4. Kucing Tidak Toleran Laktosa

Agar kucing tetap sehat, disarankan untuk tidak memberikan susu kepada mereka setelah masa disapih. Susu tidak dianjurkan sebagai bagian dari makanan kucing karena mereka menjadi semakin tidak toleran terhadap laktosa seiring bertambahnya usia, yang dapat membuat mereka sakit perut dan diare. Sebagai gantinya, kucing sebaiknya minum air garam. Air garam tidak akan membuat ginjal kucing bermasalah seperti susu.

5. Bagaimana Refleks Kucing Menyelamatkan Mereka dari Jatuh Bertingkat

Banyak kisah mengenai kucing yang selamat dari terjun bertingkat karena refleks kemampuan alami untuk mendarat dengan empat kaki. Kerangka mereka yang ultra-fleksibel dan posisi penyangga alami seperti parasut membantu melindungi mereka saat jatuh. Sebuah Studi tahun 1987 menunjukkan bahwa kucing mencapai kecepatan terminal di sekitar 5 lantai, dan cedera sebenarnya berkurang di atas tujuh lantai, meskipun jangan mencobanya di rumah, seekor kucing pernah melarikan diri dari gedung setinggi 32 lantai hanya dengan gigi terkelupas dan paru-paru rusak.


Belum ada Komentar untuk "Ternyata IQ Kucing Lebih Pintar dari Anjing, Ini 5 Fakta Menarik Lainya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel